Foto saya
Sekretariat;
Jl. Bonang No.1A,Menteng
Jakarta Pusat 10320
Tlp : 021 31931181 / 021 44553543
Fax : 021 3913473
E-mail: Jrki@cbn.net.id

Selasa, 17 Maret 2009

Ratusan Buruh Metal Demo Tuntut Antidiskriminasi

JAKARTA -Okezone.com
Rabu, 18 Maret 2009

Ratusan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia berunjuk rasa di depan kantor Kejaksaan Agung, menuntut keadilan atas perlakuan diskriminasi.


Dalam aksinya, para buruh ini melayangkan empat tuntutan. Pertama, pembebasan rekannya yang bernama Evi Ristiasari dan Yuli Setianingsih dari Rumah Tahanan Perempuan Pondok Bambu.

Kedua, menuntut dihentikan kriminalisasi atas kasus ketenagakerjaan yang menimpa aktivis dan serikat pekerja. Ketiga, pengusaha Jepang dan Korea harus menghentikan gerakan antiserikat pekerja, karena merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Keempat, menuntut untuk memenjarakan pengusaha PT Sankosa Karawang atas kasus pelecehan seksual dan memenjarakan pengusaha PT Mayasari Bakti atas dugaan kasus penggelapan iuran Jamsostek.

Koordinator aksi Obon Sabroni mengatakan para buruh juga menuntut agar Kejasaan lebih adil dalam menangani kasus perburuhan, karena banyak perlakuan diskriminasi terhadap kaum buruh.

Pantauan okezone, ratusan buruh berunjuk rasa sambil membawa spanduk bertuliskan "Bebaskan Kawan Kami, Evi dan Yuli". Mereka secara bergantian berorasi di depan kantor Kejagung dengan menggunakan sound system.

Massa datang menumpang enam bus berukuran sedang dan ratusan sepeda motor sejak pukul 10.30 WIB, Rabu (18/3/2009). Setelah setengah jam berorasi, lima perwakilan buruh diterima pihak Humas Kejagung. Hingga berita ini diturunkan, dialog masih berlangsung. (ram)

1 komentar:

  1. Terimaksih atas postingnya. Mudah2an bisa lebih sering lagi memberitakan kaum buruh yg tertindas.

    BalasHapus